Sebanyak 1.500 Warga Bakal Ikuti Upacara HUT RI di IKN

apalagi.netSAMARINDA. 1.500 warga negara Kalimantan Timur (Kaltim) dipastikan bakal dapat menyaksikan peringatan detik-detik Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia (RI) di Ibu Kota Nusantara (IKN) pada 17 Agustus 2024 mendatang.

Hal itu disampaikan Sekretaris Daerah (Sekda) Kaltim, Sri Wahyuni. Dirinya menegaskan dari 1.500 peserta upacara, hanya sekitar 380 orang yang berasal dari pusat. Sisanya, bakal diisi oleh warga Kaltim dan para tokoh masyarakat.

“Intinya warga Kaltim bisa menyaksikan kegiatan ini. Ada undangan khusus tokoh Kaltim dan warga lokal sebanyak 400 orang untuk upacara pagi dan 600 orang untuk sore harinya saat upacara penurunan bendera. Hanya saja, memang harus diatur karena keterbatasan banyak hal di sana,” tegasnya, Jumat (9/8/2024).

Data tokoh Kaltim yang dijadwalkan menjadi peserta upacara HUT RI di IKN, kata Sekda, telah dikirim ke Kementerian Sekretariat Negara (Kemensetneg). Secara prosedural, Kemensetneg akan kembali menyeleksi sesuai ketentuan yang ada.

Sementara ratusan warga lokal juga akan difasilitasi untuk dapat menyaksikan secara langsung pelaksanaan upacara kenegaraan pertama di Ibu Kota Nusantara.

“Tentu saja dengan pengaturan dan dikoordinir dengan baik,” ucapnya.

Hal itu ia tegaskan merespon pemberitaan media yang menyebut warga Kaltim dilarang mengikuti upacara di IKN. Sekali lagi ia menegaskan, bukan dilarang. Namun memang ada keterbatasan jumlah peserta upacara di IKN.

Warga yang tidak dapat menyaksikan secara langsung, masih dapat menyaksikan penyelenggaraan Upacara HUT RI di IKN melalui berbagai kanal. Mulai dari tayangan live di televisi (TV) nasional hingga live streaming di platform digital.

Sementara itu, Kepala Diskominfo Kaltim Muhammad Faisal menyampaikan, sesuai arahan Sekda, pelaksanaan Upacara HUT RI di IKN bakal ditayangkan di beberapa videotron yang ada di kabupaten/kota. Terkhusus di Balikpapan dan Samarinda bakal digelar aktivasi kegiatan nonton bareng (nobar) dengan para pelajar.

“Di Pentacity Balikpapan dan Big Mall Samarinda, kita akan nobar upacara bersama ratusan pelajar. Ada pula doorprize yang kita siapkan untuk memeriahkan acara. Warga yang ingin datang, dipersilakan juga,” pungkasnya.

Print Friendly, PDF & Email

Berita terbaru...

spot_imgspot_img

Related articles

Leave a reply

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

spot_imgspot_img