Melalui Sosbang Agus Aras Tekankan Pentingnya Menjaga Ideologi Pancasila

apalagi.netKUTIM– Penegasan pentingnya wawasan kebangsaan kembali di gelar oleh anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kalimantan Timur (Kaltim) Agus Aras di Kebupaten Kutai Timur (Kutim) pada, Jumat (17/5/2024).

Sosialisasi yang digelar di Sengatta Utara itu menghadirkan masyarakat guna memberikan pemahaman terkait idelogi pancasila.

Melalui sambutanya, Agus Aras mengatakan bahwa pemahaman wawasan kebangsaan bukan hanya dapat diberikan kepada mahasiswa, pelajar, dan segelintir orang saja melainkan juga pada masyarakat umum lainnya.

Dalam sosbang tersebut, masyarakat yang hadir diberi pemahaman terkait empat pilar kebangsaan yakni Pancasila, Undang-Undang Dasar (UUD) 1945, Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI), dan Bhinneka Tunggal Ika.

“Kita ingin semua masyarakat berbagai kalangan di Kukar tidak lupa akan empat pilar kebangsaan, karena itu adalah salah satu hal yang harus diketahui,” ucapnya.

Lanjutnya, wawasan kebangsaan merupakan modal utama bagi bangsa Indonesia dalam melaksanakan, mengisi, dan mempertahankan kemerdekaan.

Agus Aras pun menyebut jika terdapat tiga fungsi yang harus dipahami mengenai wawasan kebangsaan tersebut.

“Tiga fungsi tersebut yakni menumbuhkan rasa hormat kepada lembaga negara, menumbuhkan ketaatan kepada aturan perundang-undangan, dan yang terakhir memiliki kesadaran dalam menjaga kerukunan dan persatuan bangsa Indonesia,” jelasnya.

Anggota Komisi I DPRD Kaltim itu berharap bisa memberi pemahaman kepada seluruh masyarakat yang saat ini selalu menggunakan ponsel sebagai pedoman dalam mencari sumber dan informasi digital.

“Semoga apa yang sudah kita sosialisasikan ini bisa meningkatkan pemahaman masyarakat tentang Pancasila hingga UUD 45. Karena masyarakat inilah ujung tombak negara kita,” harapnya.

Dengan materi yang sudah diberikan, Politisi Partai Demokrat itu kembali mengharapkan jika semua yang disampaikan dapat dicerna dengan baik oleh masyarakat yang ikut dalam kegiatan. Sebab, diakuinya kegiatan seperti ini sangatlah bagus dan dapat memberikan ilmu baru untuk masyarakat.

“Kita tidak memandang siapa pun, mulai dari pelajar, masyarakat perkotaan hingga masyarakat desa juga kita lakukan sosialisasi seperti ini, untuk menyebarkan wawasan kebangsaan ini,” pungkasnya.

Print Friendly, PDF & Email

Berita terbaru...

spot_imgspot_img

Related articles

Leave a reply

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

spot_imgspot_img